16/10/10

PERNYATAAN SIKAP BANGSA INDONESIA UNTUK CHILE

Melalui catatan, ini, saya mewakili bangsa Indonesia menyampaikan penghargaan dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Sebastian Pinera sebagai presiden Chile khususnya, dan umumnya kepada warga Chile yang memiliki kesatuan yang luar biasa. Mewakili bangsa Indonesia saya merasa perlu banyak belajar kepada Anda dan negeri Chile. Bila perlu kami akan mendatangkan sejumlah tim ahli untuk belajar ke sana. Rasanya kami harus belajar bagaimana memiliki empati dan kepedulian yang menyeluruh tanpa dimulai dengan perdebatan.

Saya, mewakili rakyat Indonesia sungguh malu. Karena kami terbiasa ketika ada bencana, kami berdiskusi lebih dahulu, apakah ini bencana nasional atau bencana kabupaten, kecamatan, atau bencana sangat-sangat lokal seperti ompol bayi di kasur. Kepada dunia, kami menghimbau agar Chile diberi penghargaan sebagai negara paling peduli terhadap bencana dan musibah.

Akhirnya melalui surat pernyataan ini juga saya mengundang kepada seluruh korban yang selamat dari musibah penambangan itu untuk hadir mengunjungi Indonesia. Kami telah menyiapkan sejumlah makanan khas Tegal di Warteg. Tapi, itu pun mesti koordinasi dengan intelejen kami. Karena kami sendiri masih bingung bagaimana menangani teror dan kerusuhan yang seringkali berlangsung di negeri kami. Jangan-jangan di sana para penambang aman selamat, begitu dibawa kesini malah tewas dibom. Modar deh! Demikian, lebih dan kurangnya kami mohon maaf.

Jakarta, Oktober 2010


Atas nama bangsa Indonesia…

Wong Dzolim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar